120X600_WebAdsBanner_H8_IDR.gif

10 Jersey England Terbaik Sepanjang Masa

By Evans Edgar Simon, Kamis, 21/03/2013 20:50
78thebestenglandjersey9front.jpg
 
 

Kepada kalian yang pernah membaca artikel saya berjudul “10 Alasan Mengapa Inggris Akan Menjadi Juara World Cup 2014” dan masih dipenuhi tanda tanya di dalam pikiran kalian, biar saya jawab pertanyaan kalian disini. Saya membuat artikel tersebut tanpa pengaruh dari obat-obatan apapun. Hanya sebungkus rokok dan segelas kopi yang memenani saya merangkai kata demi kata ketika membuatnya. Dan apakah saya hanya berkhayal? Saya harap tidak. Karena dalam ingatan saya, saya membuat artikel tersebut dengan kesadaran penuh. Sesadar bang Haji Rhoma Irama ketika menyatakan tertarik untuk maju sebagai calon presiden 2014.

Nah setelah saya menjawab pertanyaan kalian, bagaimana kalau kita sekalian saja membahas tentang tim nasional Inggris? Kalian sudah nonton Video Botoligans tentang jersey terbaru Inggris bersama Nike belum? Bagaimana tanggapan kalian? Kalau menurut saya, sebagai salah satu orang yang menggemari The Three Lions, jersey tersebut sangat pas dengan gaya classy. Tidak banyak motif, namun tetap terlihat elegan.

Sebagai jersey pertama tim nasional Inggris dengan Nike, berarti berakhir jugalah kerjasama antara FA dengan produk lokal, Umbro, yang telah terjalin selama puluhan tahun. Namun tahukah kalian bahwa selain Umbro, Inggris juga pernah berkerjasama dengan apparel lain seperti Admiral, Bukta, St. Blaize, atau Hope Brothers?  Oleh sebab itu, mungkin ada baiknya jika saya membuat daftar 10 jersey terbaik yang pernah dimiliki skuad St. George Cross versi Bolatotal.

1. England’s Jersey 1872-1879


Inilah jersey pertama yang digunakan tim nasional Inggris. Wajar kalau anda sedikit bingung karena jersey tersebut lebih terkesan seperti sweater ketimbang jersey pada umumnya. Maklum saja, di akhir abad ke-19, memang belum ditemukan bahan baju yang cocok untuk bermain sepakbola. Namun jelas, inilah salah satu jersey paling bersejarah bagi persepakbolaan Inggris.

2. England’s Jersey 1909


Ini adalah jersey yang dikenakan tim nasional Inggris ketika sedang mengadakan tur ke Austria dan Hungaria. Nah agar kalian tahu saja, ini adalah salah satu jersey yang paling misterius selama perkembangan sepakbola Inggris. Mengapa demikian? Karena mereka hanya menggunakan jersey ini selama tur tersebut. Selain itu, ini adalah jersey terakhir yang menggunakan emblem seperti itu,

3. England’s Away Jersey 1965-1972


Rasanya saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar mengapa jersey ini menjadi sangat berharga. Soal warna? Mereka sudah menggunakan warna tersebut semenjak tahun 1951. Soal motif? Nampak polos tanpa sedikitpun atribut. Lalu? Trofi Jules Rimet lah yang membuat jersey ini menjadi memiliki nilai lebih ketimbang jersey lainnya.

4. England’s 3rd Jersey 1973

Sepertinya tidak ada yang menarik dari jersey ini. Bahkan sedikit terkesan aneh. Namun sadarkah anda, justru karena keaneah itulah jersey ini jadi masuk ke dalam daftar ini. Inilah jersey pertama dan terakhir Inggris yang memiliki warna kuning. Hhmmm, sebentar. Kok terkesan seperti Swedia ya?

5. England’s Home Jersey 1980-1983

Jersey yang dikeluarkan oleh apparel Admiral ini cukup menarik di mata saya. Motif seperti itu tidak pernah saya lihat lagi selama Inggris bersama Umbro. Meski terkesan seperti tim nasional Russia, namun sepertinya tetap cocok-cocok saja ketika dikenakan oleh Kevin Keegan dkk.

6. England’s 3rd Jersey 1992


Satu-satunya alasan saya memilih jersey ini adalah karena keberanian Umbro menaruh motif “tiga singa” dari bagian pundak hingga dada. Tampak mencolok, namun juga tampak sangat unik.

7. England’s Home Jersey 2005-2006


Di era 2000an, inilah jersey pertama yang menarik perhatian saya. Tampak begitu simpel dengan garis merah di bagian pundak kanan. Sesimpel Cristiano Ronaldo ketika mengedipkan mata kepada Wayne Rooney di Piala Dunia 2006.

8. England’s Home Jersey 2009-2010


Umbro membuat gebrakan di tahun 2009. Jersey Inggris hadir dengan sentuhan classy, namun tidak menghilangkan unsur modernnya. Meski font merahnya terkadang terlihat terlalu mencolok, bagi saya inilah salah satu jersey terbaik yang pernah dimiliki Inggris.

9. England’s Away Jersey 2011-2012


Bagi saya pribadi, inilah jersey away terkeren yang pernah dimiliki tim nasional Inggris. Warna biru donker nampak begitu sexy ketika dikenakan oleh Steven Gerrard dkk. Terlebih lagi, terdapatnya kerah berwarna biru muda semakin menambah nilai elegan yang dimiliki jersey ini.

10. England’s Home Jersey 2012-2013


Meskipun jersey ini hanyalah penyempurnaan dari jersey di tahun 2009, namun penyempurnaan yang dilakukan ternyata sangat berhasil. IMHO, pengubahan lambang The Three Lions menjadi warna merah plus garis di kerah dengan warna yang sama membuat jersey ini sangat nikmat untuk dipandang.

Alasan saya tidak memasukkan jersey Inggris terbaru bersama Nike adalah karena saya ingin lebih melihat sejarah. Lagipula, belum tentu jersey tersebut akan masuk sebagai salah satu yang terbaik apabila nanti muncul lagi yang lebih bagus, bukan?

Ngomong-ngomong, apakah kalian memiliki jersey tim nasional Inggris lainnya yang menurut kalian lebih bagus? Silahkan komentar di kolom di bawah ini. Cheers!

 
Komentar (0 Komentar)
Belum Ada Komentar.

Silahkan login atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar

Archive Berita Botoligans