120X600_WebAdsBanner_H8_IDR.gif

Jalan Terjal Spanyol Di Euro U-21 2013

By Muhammad Rezky Agustyananto, Rabu, 05/06/2013 10:43
80obigadidasu21euro2013.jpg

Seberapa banyak dari Anda yang menantikan Piala Eropa U-21 2013 di Israel yang akan digelar mulai tanggal 5 Juni ini? Mungkin tak banyak. Tapi percayalah: turnamen ini menarik untuk dipantau, apalagi di tengah hampanya kehidupan karena berakhirnya musim sepakbola Eropa.

Turnamen untuk level usia 21 tahun ke bawah ini menarik diperhatikan keberlangsungannya karena tak jarang menghasilkan bintang-bintang baru yang menarik untuk kita perhatikan kiprahnya di masa depan. Selain itu, dibandingkan level usia yang lebih rendah, pertandingan U-21 biasanya menghadirkan level keseruan yang lebih tinggi.

Tahun 2011 lalu, Spanyol berhasil mewujudkan harapan serta dugaan banyak pihak bahwa mereka akan menjadi juara dengan melimpahnya bintang-bintang muda di dalam skuat mereka. Tapi apakah tahun ini mereka akan kembali meraja? Menarik untuk dinantikan. Masalahnya, persaingan turnamen tahun ini hampir bisa dipastikan akan lebih ketat dibandingkan turnamen dua tahun lalu, mengingat lebih banyaknya tim-tim besar yang tampil.

Jika dua tahun lalu, Euro U-21 diisi dengan nama-nama seperti Belarus, Islandia, atau Ukraina, tahun ini turnamen tersebut dijamin lebih seru karena adanya Italia, Jerman, dan Belanda. Ketiga negara tersebut harus absen di turnamen tahun 2011 karena ketidaklolosan ke putaran final, padahal ketiganya adalah juara dari empat turnamen sebelum tahun 2011. Italia menjuarai Euro U-21 pada tahun 2004, Belanda pada tahun 2006 dan 2007, sementara Jerman adalah juara tahun 2009. Jalan Spanyol untuk mempertahankan gelar tahun ini dipastikan tidak akan mudah.

Secara nama besar, pemain-pemain di skuat Spanyol untuk turnamen ini terhitung lebih ternama daripada tim lainnya. Di dalam tim asuhan Julen Lopetegui ini, terdapat nama-nama seperti David de Gea, Martin Montoya, Marc Muniesa, Sergio Canales, Thiago Alcantara, Isco, hingga Cristian Tello dan Iker Muniain. Untuk urusan nama besar, Inggris barangkali bisa dibilang ada di urutan kedua karena beberapa namanya pasti dikenal oleh fans Premier League, seperti Jack Butland, Jordan Henderson, Danny Rose, Wilfried Zaha, Henri Lansburi, Connor Wickham, dan tentu saja Jonjo Shelvey. Untuk urusan performa di lapangan adalah hal lain.

Italia juga memiliki beberapa pemain yang cukup ternama seperti Marco Verratti, Alessandro Florenzi, Luca Marrone, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne, Mattia Destro, hingga Fabio Borini. Yang menarik, Jerman yang sejak tahun 2006 lalu dipuji-puji memiliki para pemain muda yang luar biasa berbakat tidak mencantumkan para pemain langganan skuat senior di dalam skuat mereka untuk turnamen ini. Mungkin hanya Lewis Holtby yang bisa dikatakan namanya mendunia, meski fans Bundesliga pasti juga mengenal Bernd Leno dan Peniel Mlapa. Hal ini menarik karena kita dipastikan akan menemukan bakat-bakat baru yang menarik dari tim Jerman di turnamen nanti.

Tetapi kalau saya harus memilih tim mana yang paling saya nantikan penampilannya, maka saya akan menyebut Belanda. Bukan hanya karena saya hampir selalu membeli Georginio Wijnaldum setiap kali bermain Football Manager, tetapi karena tim ini terhitung yang paling kaya pengalaman. 12 pemainnya sudah mendapatkan cap di timnas senior. Sebutlah Adam Maher, Leroy Fer, Kevin Strootman, dan tentu saja, Luuk de Jong. Terlihat begitu ambisius untuk merebut singgasana dari tangan Spanyol? Bisa jadi. Sayang top skorer mereka di babak kualifikasi, Genero Zeefuik, dan beberapa pemain bintang lain seperti Jetro Willems dan Jeffrey Bruma, tidak masuk dalam skuat asuhan pelatih Cor Pot ini.

Melihat bagaimana tim-tim top Eropa berkumpul di turnamen ini dan dengan banyaknya pemain muda berbakat yang potensial menjadi bintang di masa depan seperti ini, membuat turnamen Euro U-21 tahun 2013 ini akan terlihat menarik. Dan jalan Spanyol untuk mempertahankan gelar pun dipastikan akan terasa terjal.

Komentar (1 Komentar)
Ranggalawe
2 tahun yang lalu
Ga masukin Koke? Top 10 assist La Liga dia yg paling muda.
Canales? Dia bukan pemain reguler loh di Valencia.
Muniain? Performanya menurun dari musim lalu.

Ini berdasar ternama atau engga? Harusnya Muniesa ga masuk, wong cuma main di Segunda division kog, secara logika dia lebih ga terkenal daripada yg reguler di La Liga

Silahkan login atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar

Archive Jurnal Botoligans